Home | Jurnal Balikpapan | BI Makin Intens Bina UMKM

BI Makin Intens Bina UMKM

By
Font size: Decrease font Enlarge font
BI Makin Intens Bina UMKM

You Must be a Member to Learning

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan secara intensif, terus melakukan Peningkatan pemberdayaan Usaha kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di tahun 2012 ini. Peningkatan pemberdayaan ini diantaranya dilakukan dengan menggelar pelatihan pada mitra perbankan, yang sudah menjadi nasabah di wilayah kerja BI Balikpapan.

Hal ini diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Balikpapan Tutuk SH Cahyono, disela-sela acara pelatihan konsultan perbankan di kantor BI Balikpapan, Selasa (27/11). Tutuk menjelaskan, pelatihan pemberdayaan untuk UMKM ini merupakan tahun kedua, dan peserta dari pelatihan ini sendiri merupakan mitra perbankan, yang konsen pada pembiayaan UMKM. Adapun persyaratan peserta atau nasabah yang dapat mengikuti pelatihan ini, yaitu sudah menjadi nasabah selama satu tahun dan mampu mengelola manajemen keuangan UMKM.

Menurut Tutuk, setelah peserta yang mengikuti pelatihan ini lulus, maka mereka akan bertugas mendampingi pengusaha UMKM, agar mereka bisa mendapatkan bantuan peminjaman pembiayaan di perbankan, karena selama ini persoalan UMKM adalah masalah permodalan. Sementara itu, berdasarkan data kantor perwakilan BI Balikpapan, sekitar 50 persen UMKM masih belum tersentuh perbankan untuk tahun 2011 dan untuk tahun 2012 mengalami penurunan hingga mencapai 33 persen. (Ve)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in