Home | Jurnal Balikpapan | Pemkot Evakuasi Korban Semburan Lumpur Manggar Baru-Balikpapan Timur

Pemkot Evakuasi Korban Semburan Lumpur Manggar Baru-Balikpapan Timur

By
Font size: Decrease font Enlarge font
Pemkot Evakuasi Korban Semburan Lumpur Manggar Baru-Balikpapan Timur

Pemkot Balikpapan mengevakuasi warga RT 30 Kelurahan Manggar Baru Balikpapan Timur, ke rumah penampungan sementara, hingga semburan lumpur dianggap aman. Setelah dinyatakan aman, warga diperbolehkan kembali ke rumah mereka masing-masing.

Demikian diungkapkan Asisten 1 Pemkot Balikpapan – Syaiful Bachri. Menurutnya, dana yang dikeluarkan untuk membantu korban semburan lumpur, menggunakan anggaran bencana yang sudah dialokasikan. Syaiful menjelaskan, pihaknya hingga kini belum dapat menentukan berapa anggaran yang dikeluarkan bagi warga yang rumahnya terkena musibah. Karena pemberian bantuan diberikan bagi rumah warga yang kondisinya rusak parah terkena dampak lumpur. Syaiful menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap lokasi semburan lumpur, meskipun sudah ditutup oleh coran semen.

Seperti diketahui , semburan gas disertai lumpur terjadi saat dilakukan pengeboran sumur dalam pada tanggal 15 November lalu. Peristiwa itu terjadi di RT 30 Manggar Baru, Balikpapan Timur, tepatnya di samping Masjid Al Ikhlas. Di sela semburan lumpur hitam, tercium bau menyengat gas. Akibat semburan tersebut , satu rumah terendam lumpur , 11 rumah di sekitarnya dikosongkan, kemudian sebanyak 11 KK atau 40 orang dievakuasi menggunakan truk TNI, ke penampungan sementara di embarkasi Haji Batakan. (Debi)