Home | Jurnal Balikpapan | Kunjungan DPD RI ke Pemkot Balikpapan

Kunjungan DPD RI ke Pemkot Balikpapan

By
Font size: Decrease font Enlarge font
Rizal Effendi - Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi - Wali Kota Balikpapan

dalam rangka inventarisasi materi penyusunan Rancangan Undang-Undang tentang Perlindungan Pasien di Balikpapan

DPD RI melakukan kunjungan ke Pemkot Balikpapan, Senin (5/1/2018). Rombongan dipimpin Ketua Komisi 3 DPD RI Abdul Aziz dan disambut oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi, bersama jajaran staf, perwakilan kepala Rumah Sakit di Balikpapan, Kepala BPOM Kaltim Kaltara Fanani Mahmud. Kedatangan DPD RI ini dalam rangka inventarisasi materi penyusunan Rancangan Undang-Undang tentang Perlindungan Pasien di Balikpapan.
.
Walikota Balikpapan - Rizal Effendi mengatakan, dirinya banyak menyampaikan keluhan dibidang kesehatan kepada anggota DPD RI. Diantara kekurangan tenaga, sarana prasarana yang belum maksimal, serta regulasi BPJS yang masih menuai banyak persoalan. Menurutnya, Undang-Undang perlindungan pasien ini sangat baik, namun disisi lain masyarakat harus menghargai dan memaklumi minimnya tenaga kesehatan yang ada di Balikpapan, sehingga layanan kepada masyarakat di Puskesmas belum maksimal.
.
Terkait akan keluarnya Undang-Undang ini, Walikota meminta agar masyarakat menghargai dokter. Apabila tindakan dokter tidak sesuai dengan prosedur, masyarakat jangan membawanya langsung ke ranah hukum dan lebih baik dilaporkan terlebih dahulu ke komite etik di Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Karena jika masyarakat selalu melaporkannya ke pihak berwajib, maka layanan para dokter tersebut tidak akan maksimal akibat takut salah penanganan pasien. Selain itu, Walikota juga meminta agar masyarakat mengembangkan kesehatan mandiri dan ikut Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Click here to Watch Video

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in